Onmeso.co.id || Tahukah Anda, optimasi website toko online berbeda dengan website pada umumnya. Hal yang dibutuhkan oleh pemilik toko online adalah konversi pembelian, bukan sekedar kunjungan ke artikel.
Memang benar, sebuah artikel mampu mengarahkan pengunjung dan akhirnya berakhir pada konversi pembelian, tetapi ternyata jumlahnya sangat kecil. Apalagi jika hanya sekedar kunjungan yang akhirnya hanya akan membebani server.
Jadi bagaimana solusinya?
Anda harus tahu trik jitu optimasi website khusus untuk toko online. Jangan sampai konversi kunjungan jauh bandingannya dengan pembelian.
4 Strategi Optimasi Website Toko Online
Bagaimana melakukan optimasi website pada toko online sehingga berdampak pada closing penjualan yang lebih makisimal? Berikut ini beberapa strateginya:
1. Fokus pada Keyword Transaksi
Fokuslah pada pembuatan konten yang mengandung keyword transaksi, bukan hanya sekedar informasi.
Keyword transaksi ini biasanya seperti ‘jual, beli, murah’ dan sejenisnya.
Penerapannya terbilang mudah tetapi persaingannya cukup tinggi. Untuk mengatasinya buatlah keyword yang lebih spesifik, misalnya: rental mobil avanza murah di Lembang.
2. Optimasi Konten Produk
Optimasikan jenis produk yang Anda jual, apakah barang atau jasa. Jika berupa barang, maka Anda harus mengoptimalkan gambar produk.
Beberapa hal yang penting diperhatikan untuk mengoptimalkan gambar produk di antaranya resolusi terbaik, latar belakang gambar bersih, gambar terlihat jelas, dilengkapi atribut berupa teks atau alt, ukuran gambar besar dan jelas.
3. Deskripsi Singkat Produk
Optimasi website toko online selanjutnya yang penting Anda perhatikan adalah memberikan deskripsi singkat tentang barang atau jasa yang Anda jual.
Deskripsi singkat ini sangat penting untuk kebutuhan share link ke social media. Deskripsi yang menarik akan mampu memancing pengguna internet mengklik link website yang Anda bagikan.
4. Deskripsi Lengkap Produk
Pada halaman website, Anda bisa menjelaskan deskripsi lengkap produk baik barang atau jasa.
Deskripsi produk bukan artikel, dibuat singkat, jelas dan mampu memberikan informasi lengkap kepada calon buyer. Tampilkan dengan unsur persuasif yang kuat sehingga membuat calon buyer yakin.
5. Media Visual Pendukung
Semacam video tutorial atau gambar detail produk akan sangat memudahkan calon buyer mengetahui produk yang akan dibelinya. Tampilkan unsur ini sebagai media visual pendukung.
6. Tampilkan Data Perusahaan
Bila Anda ingin meyakinkan calon pembeli, tampilkan halaman tentang kami, alamat perusahaan, nomor kontak yang bisa dihubungi dan sebagainya.
7. Munculkan Kepercayaan Calon Pembeli
Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan seperti menampilkan testimony, review pengunjung, portofolio, video dan gambar usaha, dan sebagainya.
Bila Anda ingin melakukan optimasi yang lebih baik, Anda juga bisa bekerjasama dengan jasa maintenance website yang berpengalaman untuk menghasilkan sebuah website yang lebih ringan dan mudah dibuka.
Website yang sulit dibuka akan ditinggalkan orang dan akan beralih ke website yang lebih ringan dan mobile friendly.
Baca Juga : Seperti Inilah Landingpage yang Bagus untuk Website
Optimasi website toko online di atas bisa langsung Anda aplikasikan untuk mendapatkan posisi halaman toko online menempati puncak SERP (Search Engineer Result Page).