Onmeso.co.id || Sudah tahu apa itu landingpage dan bagaimana kriteria landingpage yang bagus? Buat Anda pemilik website sangat penting mengetahui informasi tersebut.
Landingpage merupakan halaman sebuah website yang pertama kali dikunjungi oleh user. Sebuah landingpage dirancang untuk mengarahkan user untuk melakukan sesuatu hal secara spesifik.
Ragam Penggunaaan Landingpage
Sebuah landingpage dibuat untuk tujuan utamanya adalah ‘action’. Beberapa bentuk action yang umumnya bisa dilakukan menggunakan landingpage di antaranya:
- Registrasi
- Download sebuah e-book
- Mempelajari suatu produk atau jasa
- Registrasi sebelum mendapatkan trial atau demo
- RSVP untuk sebuah kegiatan tertentu
- Penawaran atau promosi, dan sebagainya.
Landingpage yang baik akan terlihat elegan dan dipandang mampu meningkatkan penjualan secara signifikan. Efektivitas iklan berbayar akan lebih dirasakan jika website menggunakan sebuah landingpage.
Baca Juga : Cara Menemukan Keyword yang Tepat untuk Website
Pengunjung akan lebih fokus melihat penawaran, dan bila seorang user sedang butuh dengan produk atau jasa yang ditawarkan, biasanya akan langsung jatuh cinta jika landingpage nya bagus.
Begini Ciri-Ciri Landingpage yang Bagus dan Terbukti Meningkatkan Penjualan
Tentunya Anda ingin tahu seperti apa ciri-ciri sebuah landingpage yang baik dan mampu menarik minat user, berikut ini di antaranya:
1. Memiliki Call to Action yang Jelas
Sebuah tampilan landingpage bagus memiliki pesan yang jelas agar user melakukan sesuatu apakah mengunduh file, mendaftar, menghubungi atau yang lainnya.
Halaman ini akan memiliki tajuk utama yang jelas, tombol yang mencolok serta gambar yang indah. Dengan tampilan ini, user tak perlu berpikir dua kali untuk melakukan sesuatu.
2. Tampilan Teks Terlihat Bersih dan Ringkas
Semakin mudah seorang user mencerna tampilan teks pada landingpage Anda, semakin bagus landingpage tersebut.
Pilihlah jenis font yang mudah dibaca, tipografi yang bagus, Hindari penggunaan teks yang panjang. Teks yang singkat dan tepat sasaran akan lebih disukai user.
3. Menggunakan Informasi Visual
Landingpage yang bagus juga menggunakan tampilan visual gambar yang memikat. Gambar ini bisa berbentuk infografik, diagram, foto, atau yang lainnya.
Untuk tampilan visual yang bagus, Anda membutuhkan jasa desain grafis yang professional sehingga mampu menghasilkan komposisi gambar yang proporsional.
4. Skema Warna Jelas dan Menarik
Tampilan warna memang soal selera, tetapi Anda harus memperhatikan kontras warna tersebut pada tampilan landingpage yang elegan. Pengaturan kontras ini sangat penting diperhatikan agar user nyaman memandang.
Sebuah landingpage juga bisa dimanfaatkan untuk menganalisa jumlah pengunjung ke website serta bagaimana respon dari pengunjung terhadap jasa atau produk yang ditawarkan.
Landingpage ini juga akan lebih mudah dioptimasikan menggunakan SEO atau FB Ads. Hasilnya akan mampu meningkatkan jumlah penjualan.
Sebuah landingpage yang berkualitas memang akan sangat menguntungkan pemilik website. Tetapi tak semua orang bisa menampilkan landingpage yang bagus.
Untuk tampilan landingpage yang bagus, mungkin saja Anda membutuhkan bantuan penyedia jasa berpengalaman. Alokasikan sedikit anggaran dan milikilah sebuah website dengan landingpage terbaik.