Onmeso.co.id || Sebuah website harus dibuat dengan pemikiran dan perencanaan yang matang karena website merupakan digital marketing skala besar. Pemilik website wajib menyisipkan seluruh elemen penting dalam website guna membangun citra positif perusahaan, setidaknya viewers diharapkan bisa memahami apa tujuan dari website tersebut?.
Website yang selling atau informative, hendaknya memiliki beberapa komponen atau unsur menarik di dalamnya sehingga viewers merasa penasaran dan tertarik untuk berkunjung ke website. Jika Anda tidak memiliki skill ini, maka gunakan jasa desain grafis yang terbukti berpengalaman di bidangnya.
Element Penting Dalam Website
Semua orang yang melek teknologi tentunya bisa mengakses website, viewers bisa datang dari mana saja bukan hanya dari Jakarta, Bandung atau Semarang namun mencakup seluruh dunia.
Sebuah perencanaan desain website yang matang hendaknya memiliki beberapa element berikut ini.
1. Tujuan
Apa tujuan Anda merancang dan menciptakan suatu website? Apakah bersifat personal atau untuk media digital marketing?
Baca Juga : 7 Rahasia Tentang Marketing Langit yang Harus Anda Ketahui
Website yang Anda buat harus memiliki tujuan yang jelas sehingga Anda bisa memilih target marketing dengan mudah.
2. Warna
Setiap warna bisa mempengaruhi penilaian viewers, contoh penggunaan warna yang sangat mencolok dan mudah diingat sebagai personal branding adalah warna hijau dan merah maroon yang digunakan oleh Gojek atau Bukalapak.
3. Font
Pemilihan font yang tepat akan memudahkan viewers membaca dan memperoleh informasi dari website Anda. Akan lebih bijaksana bila Anda memilih font dan ukuran font yang disesuaikan dengan target pembaca.
4. Grafik
Membuat website yang enak dilihat bukan pekerjaan mudah, tidak jarang orang menggunakan jasa dari desain grafis untuk menghasilkan website yang eye catching.
Salah satu element penting dalam website yang tidak boleh dilupakan adalah grafik.
Anda bisa menambahkan teks dan grafik untuk menonjolkan konten, bisa juga dengan menamahkan foto atau video unik.
5. Navigasi Mudah
Mempunyai banyak konten memang baik, tapi jika tidak didukung dengan navigasi yang mudah hanya akan membuat viewers Anda merasa malas untuk melihatnya.
6. Konten dan SEO
Isi dari website Anda harus berhubungan dengan tujuan utama mengapa website ini diciptakan. Jika tujuannya untuk digital marketing, maka sesuaikan isi kontennya tentang bisnis, mungkin sesekali Anda bisa menambahkan tips dan trik bisnis.
Konten yang dibuat harus fresh dan sesuai dengan kata kunci, karena percuma memiliki website yang menarik jika tidak didukung dengan SEO.
7. Kontak dan Media Sosial
Menambahkan informasi kontak pribadi untuk tujuan selling merupakan kegiatan biasa dalam digital marketing. Selain menambahkan nomor telepon pribadi, Anda bisa menambahkan link media social seperti Instagram atau Facebook.
Ternyata ada begitu banyak element penting dalam website dan tiap elemen mengandung fungsi serta peranan yang berbeda. Coba lihat lagi performa website Anda, apakah sudah mengandung seluruh element di atas?